Salah satu peralatan memasak yang biasanya sering digunakan oleh berbagai restoran dan tempat makan cepat saji adalah deep fryer. Deep fryer adalah sebuah alat yang biasa digunakan untuk menggoreng kentang, atau jenis makanan lainnya yang dibuat dengan cara digoreng. Penggunaan deep fryer saat ini cukup luas karena banyak toko mesin pengolah makanan yang menjualnya.

Secara umum, deep fryer memiliki dua jenis yang dikenal secara umum di pasaran dan berdasarkan sumber energinya. Kedua jenis deep fryer tersebut adalah deep fryer elektrik yang menggunakan listrik dan deep fryer gas yang menggunakan gas. Baik deep fryer elektrik maupun deep fryer gas mampu menggoreng dengan baik dan cepat sesuai kebutuhan penggunanya.

Pada deep fryer elektrik seringkali ditemukan residu minyak hasil dari sisa penggorengan sebelumnya yang terkadang tidak ikut hilang ketika dibersihkan. Residu minyak atau sisa minyak yang menempel pada deep fryer tersebut bisa mempengaruhi kualitas makanan yang akan digoreng selanjutnya. Sisa minyak yang menempel tersebut juga bisa mempengaruhi alat deep fryer jika tidak segera dibersihkan dan dibiarkan saja.

Untuk menjaga kualitas hasil makanan dari sekaligus menjaga agar deep fryer tetap awet maka sangat penting untuk membersihkannya secara rutin. Pembersihan deep fryer secara rutin terutama sisa minyak, akan lebih tahan lama dan hasil makanan yang dihasilkan tetap terjaga kualitasnya. Berikut adalah cara untuk membersihkan deep fryer elektrik dari minyak sisa agar kualitas makanan yang dihasilkan tetap baik dan enak:

Cabut Aliran Listrik di Deep Fryer Elektrik

Mencabut aliran listrik yang menuju deep fryer elektrik adalah langkah awal yang harus dilakukan sebelum memulai membersihkan deep fryer. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk agar tidak ada listrik yang mengalir di deep fryer ketika akan dibersihkan nantinya.

Biarkan Minyak Menjadi Dingin

Selanjutnya, setelah memutuskan aliran listrik di deep fryer, langkah selanjutnya adalah mendinginkan minyak goreng yang ada di deep fryer. Dinginkan minyak hingga setidaknya telah mencapai suhu 150 derajat Fahrenheit atau sekitar 65 derajat Celcius atau kurang. Ketika suhu minyak sudah mendingin, selanjutnya tiriskan minyak dari deep fryer dan lepas keranjang kemudian cuci secara terpisah.

Bersihkan Setiap Sisi Deep Fryer

Setelah itu, bersihkan sisi-sisi deep fryer dengan cara menggosoknya untuk menghilangkan noda dan semua sisa makanan yang masih menempel. Proses penggosokan ini sebaiknya menggunakan jenis kawat pembersih yang berbahan stainless steel agar semua kotoran sisa makanan tidak menempel. Begitu selesai digosok, bersihkan dan hapus noda dan sisa makanan tersebut menggunakan tisu atau kain bekas.

Isi dengan Cairan Sabun dan Panaskan Hingga Mendidih

Langkah selanjutnya setelah digosok dan dibersihkan seperti proses diatas adalah isikan campuran air dan sabun pembersih pada deep fryer. Kemudian setelah diisi campuran pembersih tersebut, panaskan deep fryer dan biarkan campuran pembersih tersebut hingga mendidih selama 5-15 menit.

Dinginkan lalu Bilas Dengan Campuran Air dan Cuka

Setelahnya, cabut lagi aliran listrik pada deep fryer dan biarkan larutan dan mesin dingin terlebih dahulu. Lalu, tiriskan larutan pembersih dari deep fryer dan kosongkan deep fryer sebelum selanjutnya dibilas dengan larutan air dan cuka. Bilas dengan campuran air dan cuka kemudian bilas lagi dengan air lalu keringkan dengan handuk bekas ataupun tisu.

Bersihkan bagian Luar Deep Fryer

Terakhir, setelah membersihkan bagian dalam, jangan lupa bersihkan bagian luar deep fryer dengan menggunakan baking soda dan air. Basahi seluruh bagian luar menggunakan campuran larutan tersebut lalu biarkan dahulu selama sekitar 10 menit. Lalu setelahnya bersihkan bagian luar deep fryer dengan kain basah dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum digunakan kembali.